Ketua KONI Apresiasi dan Dukung Penuh Pelestarian Ortrad di Tuban

0
73
Sekda Pemkab Tuban saat memberangkatkan lomba Balap Egrang di GOR Ranggajaya Anoraga Tuban dalam rangka rangkaian peringatan Haornas 2019.

Konituban.com – Ketua Umum KONI Kabupaten Tuban, H Mirza Ali Manshur, ST.,MM sangat mendukung dan mengapresiasi perlombaan Olahraga Tradisional (Ortrad) yang diselenggarakan oleh Pemkab Tuban melalui Disparbudpora di GOR Ranggajaya Anoraga Tuban.

Menurutnya, lomba Ortrad tingkat pelajar SD yang mewakili tiap Kecamatan di Kabupaten Tuban ini, sangat efektif untuk melestarikan dan memasyaratkan permainan tradisonal kepada anak-anak zaman sekarang.

“Ortrad ini manfaatnya sangat besar untuk anak-anak usia sekolah. Karena olahraga ini bersifat tim jadi ini penting untuk membentengi anak-anak tentang kerja sama,” kata Mirza.

Selain itu, nilai-nilai moral dan filosofis dari permainan tradisonal ini sangat baik untuk perkembangan mental anak-anak. Karena itu, kegiatan ini sangat baik dan perlu menjadi agenda rutin setiap tahun.

“Olahraga tradisinal ini juga bersifat rekreatif dan sangat menyenangkan bagi anak anak. Jadi bisa memancing kreatifitas serta perkembangan anak-anak khususnya di usia dini,” papar Mirza.

Mirza juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepda Pemkab atas terselenggaranya lomba Ortrad ini.

“Semoga dari even ini nanti Ortrad Tuban juga bisa berprestasi di tingkat Provinsi maupun Nasional. Sebab dibeberapa even juga ada lomba Ortrad yang digelar hingga tingkat Nasional,” tandasnya. (Cho)

LEAVE A REPLY