Stadion BWT Kini Terpasang Lampu Standart Internasional

0
133
Zainal Maftuhien (Kabid Olahraga Disparbudpora Tuban) saat memberikan keterangan pada awak media.

Konituban.com – Stadion Bumi Wali Tuban (BWT) terus berbenah menuju Standart Internasional. Saat ini, stadion berkapasitas 25 ribu penonton lebih ini, dipasang lampu penerangan berstandart Internasional dan berlisensi FIFA.

Pemasangan lampu ditempatkan di empat titik sudut stadion dengan pilar atau tiang sanggah setinggi 43 meter. Masing-masing tiang penyangga mampu menampung 45 lampu dengan kekuatan cahaya hingga 300 Lux. Sehingga jika keempatnya dihidupkan keseluruhan akan berkekuatan penerangan 1200 Lux.

Namu demikian, untuk sementara ini, Pemkab Tuban hanya mampu membeli sebanyak 152 unit lampu dari total kapasitas keseluruhan 180 lampu. Meski begitu sudah mampu melebihi standarisasi penerangan untuk pertandingan di Liga 1 Indonesia.

“Dari total 152 lampu yang dipesan, saat ini sudah terpasang 104 lampu yang sudah bisa difungsikan untuk pertandingan Final Bupati Cup IV di malam hari ini,” kata Kabid Olahraga Disparbudpora Tuban, Zainal Maftuhien, Sabtu, (28/12/2019).

Sementara sisanya, Lanjut Zainal, saat ini masih tertahan di Bea Cukai Surabaya.

“Sisanya masih perjalanan dari Surabaya, kalau sudah tiba akan langsung dipasang. Kalau tidak ada kendala, akhir bulan ini sudah terpasang keseluruhan, yaitu 152 lampu,” sambungnya.

Dijelaskan, lampu yang terpasang di stadion BWT ini melebihi Standart PT LIB selaku penyelenggaran Liga 1. Pasalnya, PT LIB menekankan Standart pencahayaan maksimal 800 Lux untuk pertandingan malam, sementara Lampu di Stadion BWT yang nanti terpasang mampu hingga 1600 Lux.

“Meski sekarang tidak sampai 1600 Lux, tapi pencahayaan lampu stadion Bumi Wali ini sudah jauh dibatas standarisasi Nasional,” jelasnya.

Zainal berharap, terpasangnya lampu penerangan di stadion BWT tersebut mampu menjadikan Stadion kebanggaan masyarakat Tuban ini semakin baik fungsinya. Kemudian masyarakat juga bisa ikut menjaga dan merawat stadion. (Cho)

LEAVE A REPLY