Latihan Mandiri Difokuskan Pada Kebugaran dan Daya Tahan Tubuh

0
151
Para atlet saat berlatih yang dipantau langsung oleh para pelatih secara virtual.

Konituban.com – Selama masa Pandemi Covid-19, Sejumlah atlet di KONI Tuban, melaksanakan kegiatan latihan mandiri secara rutin di rumah masing-masing. Setiap atlet yang melakukan latihan mandiri mengirimkan video latihan kepada pelatih yang diteruskan ke grup pengurus KONI Tuban.

Sekretaris KONI Kabupaten Tuban, Zainal Maftuchien mengatakan, tujuan utama latihan mandiri tersebut bukan dalam rangka peningkatan teknik olahraga. Melainkan lebih pada daya tubuh dan kebugaran atlet. Sehingga selama ini belum dilakukan tes pengukuran peningkatan kemampuan atlet selama latihan mandiri.

“Kita belum bisa mengukur tes sejauh mana progres latihan tersebut. Tapi yang jelas latihan bukan dalam rangka peningkatan teknik olahraga. Tapi lebih pada dayan tubuh dan kebugaran atlet, Kondisi fisik tidak drop, Itu tujuan utamanya,” beber Zainal.

Zainal menyampaikan, pihaknya saat ini memang belum bisa melaksanakan tes ukur kemampauan atlet. Sebab selama masa Pandemi para atlet tidak bisa melaksanakan latihan teknik seperti di hari biasa sebelum Pandemi Covid-19.

Sebagai gantinya, semua atlet dari seluruh Cabor diintruksikan melakukan latihan mandiri untuk menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh mereka. Sehingga saat Corona mereda dan aktifitas olahraga kembali normal, kondisi fisik tidak melemah.

Ditambahkan, sejauh ini Cabor yang aktif melakukan latihan mandiri ialah Cabor Bola Voli, karate, gulat, angkat berat, dan atletik. Sementara Cabor lainnya belum begitu aktif.

Zainal menyadari jika tidak semua Cabor bisa melakukan kegiatan berlatih mandiri. Sebab memang ada beberapa Cabor yang tidak bisa beraktifitas ditengah Pandemi Covid-19.

“Kami tidak bisa berharap terlalu jauh. Apalagi teguran dan sanksi bagi atlet yang tidak latihan mandiri. Karena memang ada cabor yang tidak bisa mengerjakan latihan mandir,” jelasnya. (Cho)

LEAVE A REPLY