Dua Cabor Tradisional Tampil Dalam Peringatan Haornas di Tuban

0
105
Bupati Tuban, H Fathul Huda saat memberangkatkan atlet Cabor Egrang dalam rangka peringatan Haornas 2020 di Mangrove Center Tuban.

Konituban.com – Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 diperingati Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban di Mangrove Center Jenu, Selasa (03/11/2020).

Peringatan Haornas 2020 dimasda pandemi Covid-19 ini dilakukan secara sederhana dengan menggelar kompetisi sejumlah cabang olahraga prestasi, yang diikuti sekitar 174 peserta dari 20 kecamatan di kabupaten ini.

Selain olahraga prestasi, dalam kegiatan tersebut juga dilombakan dua olahraga tradisional yakni Egrang dan Dagongan, yang di ikuti peserta dari 20 perwakilan kecamatan.

“Selain olahraga prestasi, juga ada olahraga tradisional, harapanya olahraga tradisional ini tidak hilang dan sekaligus menjaga warisan tradisi agar tidak dilupakan oleh generasi muda,” kata Zainal Maftuhien Kepala Bidang Olahraga Disparbudpora Kabupaten Tuban.

Menurut Zaenal, total cabang yang dipertandingkan sebanyak delapan Cabor, yakni Egrang dan Dagongan yang merupakan olahraga tradisional, Voli Pantai, Voli Indor, Bulu Tangkis, Sepak Takraw, Bola Basket dan Panjat Tebing.

“Agenda besarnya adalah peringatan Haornas, namun lebih dari itu adalah membentengi pemuda agar memiliki kegiatan positif, yang menyehatkan,”  terang Zaenal.

Selanjutnya, dari kegiatan tersebut diharapkan mampu mendorong kecintaan masyarakat terhadap olahraga, utamanya ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang sebagai salah satu upaya penguatan imun agar tidak mudah diserang penyakit.

“Kegiatan kami laksanakan dengan tetap mematuhi protokol, harapanya ini berjalan dengan baik,” pungkas Zaenal. (Luk)

LEAVE A REPLY