Tentukan Menu Latihan, KONI Tes Kesehatan Atlet Puslatkab

0
142
Proses pemeriksaan atlet oleh dokter KONI Tuban guna mengukur menu latihan yang dilakukan oleh para pelatih.

Konituban.com – Sejumlah atlet dari berbagai cabang olahraga (Cabor) dibawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban, mengikuti  tes kesehatan, senin (22/03/2021) pagi tadi.

Pemantauan kesehatan bagi para atlet dilakukan tim dokter, Bidang Penerapan IPTEK Olahraga KONI Tuban, yang dipusatkan di kantor KONI Jalan Pramuka.

“Ini adalah pemeriksaan hari pertama dari tiga hari yang kami rencanakan kepada sekitar 90 Atlet,” ujar dr. Alfian Yuniarta.

Menurut Alfian, pemeriksaan yang dilakukan dengan melibatkan satu dokter dan dua perawat tersebut akan menjadi acuan bagi para pelatih untuk memaksimalkan dan menentukan porsi latihan bagi para atlet dimasing-masing cabang olahraga yang diikuti.

Adapaun pemeriksaan meliputi seluruh badang, fisik, paru-paru dan juga jantung.

“Hasil pemeriksaan ini selanjutnya akan kami diskusikan dan kami serahkan kepada masing-masing pelatih, sebagai acuan untuk memberikan porsi latihan yang cukup dan sesuai, berdasarkan hasil rekam kesehatan meraka,” papar dr. Alfian.

Dari hasil tes kesehatan hari pertama terhadap sekitar 34 atlet, beberapa atlet akan menjalani proses pemeriksaan lanjutan, dan belum direkomendasikan untuk latihan terlalu berat.

Sementara itu, Sekertaris umum KONI Tuban, Zaenal Maftuhien mengatakan, tes kesehatan tersebut sangat penting bagi, atlet dan pelatih, agar kondisi kesehatan atlet dapat diketahui secara detail, terutama kesehatan jantung dan paru-paru, tekanan darah dan riwayat kesehatan lainya.

Disamping itu juga menjadi trobosan bagi KONI Tuban dalam menerapkan pendekatan sport science untuk pembinaan olahraga.

“Data hasil tes ini akan sangat berguna bagi pelatih dalam menentukan menu latihan kepada atletnya,” terang Zaenal.

Untuk diketahui, cabang olahraga yang hari ini mendapatkan tes kesehatan adalah cabang olahraga Paralayang, Atletik, Taekwondo, Bulu Tangkis, Muaythai dan Wushu. (LUK)

LEAVE A REPLY