Gunakan Parameter Puslatda, Untuk Tes Ukur Atlet Puslatkab

0
145
Salah satu tes ukur kemampuan atlet Puslatkab di GOR Ranggajaya Anoraga Tuban.

Konituban.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban menggelar tes pengukuran atlet Puslatkab menyongsong Porprov Jawa Timur VII 2022, pada 29 hingga 31 maret 2021.

Dalam pelaksanannya, setiap atlet wajib melakukan gerakan berdasarkan acuan tes ukur Puslatda Jatim, yang disesuaikan dengan kebutuhan Cabang Olahraga (Cabor) masing-masing.

Koordinator tes pengukuran atlet Puslatkab Tuban, Novis Eka Prayuda mengatakan, tes ukur tersebut intinya mengarah pada kelenturan, kelincahan, kecepatan, kekuatan dan daya tahan tubuh.

Poin-poin inti tes pengukuran tersebut diaplikasikan dalam sejumlah item pokok seperti Sit Up, Ankle Flexibility, Upper Body Flexibility, Sit And Reach Flexibility, Beep Test, Hovwr, Superman Back Hold, Vertical Jump, Square Jump dan Russian Twist.

Novis menambahkan, setiap Cabor memiliki tes item yang berbeda menyesuaikan kategori Cabor. Untuk kategori ringan seperti catur, bridge terdapat 9 item tes ukur. Sementara untuk Cabor berkategori berat atau fisik, ada 18 item tes ukur yang wajib diperagakan oleh atlet Puslatkab.

“Tes item mulai Cabor ringan sampai 9 item, tapi Cabor berat atau dominan fisik sampai 18 item. Dimana semua itu ada target nilainya masing-masing,” jelas Novis.

Hasil dari tes ukur tersebut, lanjutnya, kedepan akan menjadi acuan pelatih Cabor sebagai bahan meningkatkan kemampuan atlet. Selain itu juga melihat sejauh mana peluang prestasi atlet di tingkat Jatim.

“Hasil tes ukur ini nanti di share ke pelatih Cabor sebagai bahan untuk meningkatkan kemampuan atlet,” tegas Novis. (MAD)

LEAVE A REPLY