Tim Basket Tuban Tembus Babak 8 Besar Kejurprov Jatim U-18

0
799
Tim Basket Bumi Wali U-18 yang berlaga Kejurprov antar Pengcab se-Jatim di Kabupaten Gresik.

Konituban.com – Kabar yang cukup menggemberikan datang dari Cabang Olahraga (Cabor) Basket Kabupaten Tuban. Tim Basket Putra Bumi Wali untuk kali pertama berhasil menembus babak 8 (delapan) besar Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) antar Pengcab Basket se-Jatim U-18 di Gresik (05/07).

Di bawah asuhan kepala pelatih Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Pengcab Tuban, Destiawan Suko Saputro, Kapten Tim Basket Bumi Wali, Adi Mahendra Fasa bersama rekan satu tim lainnya berhasil membuat kejutan dengan mengalahkan tim-tim basket unggulan dari Kabupaten lain dan lolos ke babak perempat Final pada Grup C bersama tim Basket kuat lainnya Asal Kabupaten Magetan dan Malang Kota.

Dalam pertandingan pertama melawan tim basket asal Kabupaten Magetan, tim Basket Bumi Wali memberikan perlawanan yang kuat dan sengit. Sempat tertinggal lebih dulu di Quarter Pertama dengan skor 4-0. Tim basket besutan Destiawan bangkit dan membalik keadaan di Quarter kedua ketiga dan keempat, dengan skor akhir Tuban unggul 19-11 atas Kabupaten Magetan.

Pada pertandingan kedua atau penentuan juara grup C melawan tim kuat asal Kota Malang. Adi Mahendra Fasa bersama kawan-kawan tetap tampil apik dan konsisten. Hasilnya, tim Basket bumi Wali mengungguli tim kuat asal kota Malang dengan skor akhir 38-24. Kemenangan tersebut membuat tim Basket Tuban memuncaki Grup C dan lolos ke babak selanjutnya (Perempat Final).

Dikabarkan, total ada 24 tim basket dari berbagai Kabupaten/Kota yang mengikuti Kejurprov antar Pengcab Perbasi Jatim dan di bagi menjadi 8 Grup, dan masing-masing tim yang menjadi juara Grup berhak lolos ke babak perempat Final.

“Sampai saat ini (Rabu, 05/07), baru ada tiga tim yang telah dipastikan lolos ke babak 8 besar, yaitu, Tuban, Surabaya, dan Tulungagung. Sementara lainnya belum karena masih menunggu pertandingan penentuan hari Kamis dan jum’at besok,” Kata  kepala pelatih Perbasi Pengcab Tuban, Destiawan Suko Saputro.

Destiawan juga menjelaskan, untuk pertandingan babak Perempat Final baru akan di mulai pada hari Jum’at besok sehabis Ibadah Sholat Maghrib. Terkait lawan yang akan dihadapi Tuban di babak 8 besar. Destiawan belum mengetahui pasti. Karena masih menunggu hasil juara Grup lain.

“Kita belum tahu siapa lawan kita di babak 8 besar nanti. Namun, siapapun lawannya, kita siap menghadapinya dan kembali membuat kejutan dengan kemenangan,” imbuh Pelatih yang juga seorang Guru Olahraga di SMK N 1 Tambakboyo ini.

Destiawan menambahkan, selagi menunggu tim lain yang lolos ke babak perempat final. Saat ini ia tengah focus melakukan pembenahan dalam tim.”Defanse (Pertahanan) dan penetrasi akan menjadi focus utama kami,” katanya.

Ia juga berharap, tim Basket Bumi Wali Tuban bisa melanjutkan Trend Positif dalam Kejurprov Pengcab Jatim U-18 tahun ini dengan lolos ke babak Semi Final dan Final. “Syukur kalau bisa meraih juara pertama. Tentunya ini akan menjadi sejarah bagi Basket Tuban mas,” pungkas pelatih berusia 30 tahun ini. (Cho)

LEAVE A REPLY