Penyandang Disabilitas Tuban Kini Miliki Wadah Untuk Ukir Prestasi Olahraga

0
820
Zainal Maftuhin, Sekum KONI Kabupaten Tuban

Konituban.com – Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, telah membentuk National Paralympic Comittee of Indonesia (NPCI) Pengurus Cabang (Pengcab) Tuban.

Dengan dibentuknya NPCI Pengcab Tuban, kini masyarakat berkebutuhan khusus (Disabilitas) yang suka dan gemar berolahraga bisa menunjukan skill mereka dan meraih prestasi di bidang olahraga.

Pasalnya, NPCI yang merupakan induk perkumpulan dan wadah bagi para penyandang Disabilitas di Kabupaten Tuban, memang sengaja dibentuk untuk menampung bakat dan minat penyandang Disabilitas terhadap olahraga.

Kabid Olahraga Disparbudpora Tuban, Zainal Maftuhin saat dikonfirmasi mengatakan, NPCI Pengcab Tuban resmi terbentuk pada akhir Juli lalu melalui Muskab Disparbudpora.

“Sejak awal terbentuk NPCI, sampai saat ini, sudah ada 62 anggota serta 13 atlet Disabilitas yang bergabung dengan NPCI Tuban,” kata Zainal yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum KONI Tuban.

Zainal menambahkan, semua penyandang Disabilitas di Kabupaten Tuban yang memliki bakat dan minat terhadap olahraga, bisa bergabung dengan NPCI Tuban. baik itu dari kalangan pelajar ataupun umum.

“Semua penyandang Disabilitas di Kabupaten Tuban, bisa mendaftarkan diri untuk bergabung dengan NPCI Tuban. Di sini mereka nantinya akan kita bina untuk bisa meraih prestasi di bidang olahraga,” imbuh Zainal.

Dijelaskan Zainal oleh mantan Kepala SMPN 6 Tuban ini, setelah terbentuk, NPCI Tuban kini memiliki agenda awal untuk mengikuti Kejurprov NPCI di Surabaya pada bulan Nopember mendatang.

Dalam Kejurprov di Surabaya mendatang, akan ada sejumlah Cabor yang dipertandingakan seperti Atletik yang terdiri dari beberapa nomor sepertiĀ  Balap Kursi Roda, tolak peluru, lempar cakram, lompat jauh. Kemudian tenis meja dan beberapa Cabor khusus bagi penyandang Disabilitas.

“Kita sudah melakukan persiapan untuk ikut dalam Kejurprov NPCI. Kita harapkan kejuaraan ini bisa menjadi awal pengenalan NPCI Tuban di tingkat Provinsi Jatim,” papar Zainal.

Zainal juga berharap, NPCI bisa menjadi wadah bagi para penyandang Disabilitas di Kabupaten Tuban untuk meraih prestasi. (Cho)

LEAVE A REPLY