Sosok Dibalik Gemilangnya Prestasi Gulat Tuban

2
1596
Mu'alimin (kaos merah), pelatih Gulat PGSI Kabupaten Tuban bersama atlet binaanya.

Konituban.com – Olahraga Gulat Kabupaten Tuban saat ini tengah naik daun dan menjadi salah satu Cabor di KONI Tuban yang paling banyak meraih prestasi. Sejumlah prestasi mulai dari tingkat Provinsi (Kejurprov), Nasional (PON) hingga Internasional (SEA GAmes) pernah di koleksi oleh atlet Gulat Kabupaten Tuban.

Gemilangnya torehan prestasi olahraga Gulat Bumi Wali Tuban tersebut tentunya tak terlepas dari peran seseorang, dalam hal ini pelatih atau pembina. Mereka ini adalah Mu’alimin, pemuda berusia 31 tahun yang telah mengabdikan diri menjadi pelatih Gulat di Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Tuban sejak tahun 2009 lalu.

Mu’alimin yang bekerja sebagai GTT Penjasorkes di SMP N 2 Soko ini, telah ikut mengambil peran penting dalam kesuksesan raihan deretan prestasi Gulat Bumi Wali Tuban. Dengan tangan dingin dan semangatnya, Mu’alimin telah berhasil menelurkan pegulat yang syarat akan prestasi.

“Sejak awal karir saya hingga saat ini, sudah ada 120 lebih atlet gulat yang saya latih mas. Dan Alhamdulillah banyak dari mereka yang telah memberikan prestasi bagi Bumi Wali Tuban,” kata Mu’alimin membuka obrolannya saat diwawancarai reporter KONI Tuban.

Mu’alimin menceritakan, sebelum menjadi pelatih, dulunya dia juga atlet Gulat Senior. Namun karena tidak ada kejuaraan gulat tingkat senior yang bisa diikuti, akhirnya ia banting setir menjadi pelatih Gulat.

“Awalnya saya memang berencana menjadi atlet gulat. Tapi karena tidak ada kejuaraan di tingkat senior, jadi saya beralih menjadi pelatih gulat di bawah bimbingan pak Nur Khamid selaku Ketua Umum PGSI Tuban,” papar Mu’alimin menceritakan awal mula ia menjadi pelatih Gulat.

Saat di tanya terkait kiat-kiat menjadi pelatih yang bisa menelurkan atlet berprestasi, Mualimin menjelaskan, kalau kuncinya adalah disiplin dalam program latihan dan jadikan aktifitas melatih sebagai prioritas utama. “Melatih menjadi prioritas utama dalam kehidupan saya, itulah salah satu alasan mengapa Gulat Tuban bisa berprestasi,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut pria lulusan UNP Kediri Jurusan Penjaskesrek ini menyampaikan, kalau faktor lain  atau pendukung suksesnya pembinaan Gulat ialah motivasi yang sangat kuat dari atlet itu sendiri untuk bisa berprestasi. Selain itu, keinginan untuk bisa membantu ekonomi orang tua melalui prestasi juga menjadi salah satu faktor pendukung suksesnya pembinaan atlet Gulat.

“Sebagian besar atlet Gulat kita berasal dari keluarga yang pas-pasan. Banyak atlet Gulat kita yang ingin mendapat bea siswa sekolah dari prestasi. Sebab itu, mereka selalu bersungguh-sungguh dalam beratih karena selian ingin membantu ekonomi keluarga melalui prestasi,” terang Mu’alimin.

Mu’alimin juga melakukan program latihan setiap hari tanpa libur. Tujuh hari dalam seminggu, ia habiskan untuk melatih dan mendidik anak-anak gulat Tuban. ” Hari Senin, Rabu, Jum’at dan Minggu saya melatih di SMA Soko. Sementara hari Selasa, Kamis dan Sabtu saya melatih di SMP N 2 Soko.” ungkapnya.

Dalam melatih Gulat, Mu’alimin tidak sendiri, ia di bantu beberapa rekan yang dulunya juga adalah atlet binannya sendiri. total ada tiga rekan yang setiap harinya mendampingi Mu’alimin memberikan pelatihan kepada pegulat-pegulat Tuban.

Mu’alimin memaparkan, kesuksesan prestasi Gulat Tuban bukan karena ia semata. Namun juga peran dari orang-orang yang peduli dengan Gulat, seperti PGSI dan KONI Tuban yang selalu memberikan support terhadap Gulat Tuban.

“Bapak kami di PGSI Tuban, Pak Nur Khamid sangat mensupport, apa yang kita butuhkan dalam latihan selalu beliau (Nur Khamid.red) cukupi. Anak-anak Gulat yang tidak mampu membiayai sekolah juga beliau sekolahkan. Dari KONI juga memberikan Support,” kata Mu’alimin menceritakan.

Sebagai seorang pelatih, Mu’alimin merasa bangga apabila bisa melihat anak didiknya berprestasi dan mencapai tujuannya. “Presatasi yang di raih anak-anak menjadi kebanggaan dan kepuasan tersendiri bagi saya sebagai pelatih. Itulah mengapa saya selalu bersungguh-sungguh dan maksimal dalam melatih,”¬†terangnya

Sebagai salah satu pelatih yang cukup sukses menelurkan bibit-bibit atlet berprestasi, Mu’alimin menyampaikan pesan agar selalu disiplin dan giat dalam berlatih agar bisa terus berprestasi.

“Berlatihlah dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa ikhlas. Insyaallah kesuksesan dan prestasi akan menghampirimu,” pungkas Mu’alimin. (Cho)

2 COMMENTS

  1. Bpk Nur Khamid adalah sosok yg sangat luar biasa & Inspiratif
    # Sukses selalu bapak guru_ku ???

LEAVE A REPLY